Pages

Wednesday 25 April 2012

Wortel Putih yang Ajaib

Si Wortel Putih, Manis Renyah dan Kaya Nutrisi

Bentuk sayuran yang mirip dengan wortel ini rasanya manis. Warnanya yang pucat tidak membuat kecantikan sayruan ini hilang. Teksturnya yang renyah segar menandakan sayuran ini masuk jenis wortel.

Parsnip atau turnip yang menyerupai wortel ini warnanya sedikit pucat. Ukurannya sama dengan ukuran wortel umumnya. Karenanya sering dijuluki wortel putih. Berasal dari Eurasia dan sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun silam. Hal ini telah dibuktikan oleh dua orang arkeologis yang mengatakan saat itu, parsnip digunakan sebagai bahan makanan.

Parsnip bisa dimakan mentah, atau diolah menjadi masakan seperti, direbus, dipanggang atau digunakan untuk bahan minuman. Di Inggris sayuran ini selalu disajikan saat Natal tiba dengan cara tradisional. Sejak jaman Romawi, tanaman ini telah diyakini sebagai makanan afrodisiak. Akarnya yang bisa dimakan juga baik untuk kesehatan.

Sayuran musim dingin ini hanya bisa tumbuh di suhu tanah yang rendah. Jenis tanah yang bisa ditumbuhi tanaman ini adalah tanah liat. Namun jika ditanam dalam tanah yang berdebu dan lempung wortel putih ini akan tumbuh lebih pendek.

Sayuran ini kaya akan vitamin dan mineral. Dalam 100 gr mengandung 600 mg kalium dan 75 gr kalori, 59,2 mg kalsium, 93,1 mg asam folat dan 46,4 mg potasium. Selain itu kandungan seratnya tinggi yaitu sebanyak 6,4 gr, juga dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan pencernaan.

Sayuran eksotis ini dikenal dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kadar gula darah. Kandungan vitamin B nya juga dapat mencegah resiko cacat lahir pada bayi. Selain itu juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan membantu mencegah pengeroposan tulang.

Kadang-kadang dipasar swalayan besar dijual parsnip ini. Simpan selalu parsnip dalam lemari es dalam kantung plastik berlubang agar lebih awet.


(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment